5 Tips Memilih Nama Domain Website

Mengapa Nama Domain Itu Penting?

5 Tips memilih nama domain untuk membangun brand yang suksesSebelum mengetahui tips memilih nama domain untuk website, terdapat beberapa faktor penting yang bisa mempengaruhi pertimbangan kita ketika memilih nama domain.

Sebenarnya, tidak peduli apakah anda sedang menciptakan perusahaan baru, menjual jasa hosting, atau membuat perusahaan konvensional melangkah ke era digital, tetap saja membutuhkan sebuah website. Dan website tersebut membutuhkan sebuah nama domain yang akan membuatnya menjadi nomer 1 di internet.

Ditambah dengan beberapa faktor dibawah ini, bisa dipahami mengapa nama domain menjadi begitu penting :

  • Nama domain mempengaruhi ranking SEO :
    Nama domain yang yang mengandung keyword, memiliki kelebihan tambahan untuk mendapatkan ranking SEO.
  • Kesan pertama pengunjung :
    URL dan nama domain adalah hal pertama yang dilihat oleh pengunjung website. Nama domain yang bagus, bisa membuat kesan pertama yang bagus pula. Dan sebaliknya, nama domain yang buruk bisa membuat pengunjung pergi dan tidak akan kembali.
  • Mengembangkan Brand :
    Nama domain bisa digunakan untuk mengembangkan brand perusahaan.

Faktor-faktor diatas hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan alasan yang menjadikan nama domain begitu penting. Oleh karena itu, kita tidak bisa lagi menganggap enteng penggunaan nama domain. Kita harus bisa menggunakan nama domain sebagai keuntungan tersendiri untuk menjadi 1 langkah didepan orang lain.

5 Tips Memilih Nama Domain

Berikut adalah beberapa tips memilih nama domain yang bisa anda ikuti untuk membuat nama domain yang unik dan benar-benar cocok untuk website anda.

1. Nama Domain Sebagai Merek / Brand

Hindari penggunaan nama domain generik, yang dimana nama domain tersebut hanyalah berisi keyword dan akan sulit untuk diingat. Nama domain generik akan tersamarkan dengan berbagai macam nama domain yang berisikan keyword serupa lainnya.

Gunakanlah nama domain yang unik, menonjol dan memiliki arti yang spesial. Karena perlu diingat, nama domain adalah cara pengunjung untuk mencari, mengingat dan menyebarkan brand/perusahaan anda di internet.

Bila anda kesulitan untuk membuat nama domain yang unik, cobalah untuk menggunakan domain name generator seperti leandomainsearch.com dll.

2. Buat Nama Domain Mudah Diucapkan

Buatlah nama domain semudah mungkin untuk diucapkan. Semakin mudah untuk diucapkan, maka semakin mudah juga pengunjung untuk mengingatnya. Pengunjung pun akan merasa lebih familiar dan akrab dengan nama domain yang dengan mudah bisa mereka ingat dan ucapkan.

3. Nama Domain Mencerminkan Website

Dengan nama domain yang bagus, pengunjung bisa mendapatkan cerminan tentang konten apa yang mungkin ada didalam website. Hanya dengan melihat nama domain tersebut dan befikir “Oh, website ini kemungkinan melakukan ini”, “perusahaan ini mungkin sedang menjual barang ini/itu” dll.

Sebagai contoh, NoodleHouse.com, dengan jelas bisa dilihat bahwa nama domain tersebut adalah nama domain untuk website mengenai noodle (mi).

4. Hindari Hyphens  dan Angka

Seperti yang telah disebutkan diatas, buat nama domain yang mudah untuk membaca & diucapkan. Hyphens (tanda hubung) dan angka akan lebih mempersulit melakukan kedua hal tersebut.

Bayangkan menyebutkan Dropbox apabila memiliki tanda hubung didalam nama domainnya, “Simpan filenya di Drop-box”. Hal ini membuat pengunjung harus menyebut Dropbox dengan cara “Drop’dash’box” setiap kalinya. Apabila hal itu yang terjadi, kemungkinan Dropbox tidak akan cepat terkenal seperti sekarang ini.

5. Cek Kepemilikan Domain dan Hindari Trademark Infringement

Sebelum menggunakan nama domain, pastikan terlebih dahulu bahwa domain tersebut belum ada yang memiliki. Masalah hanya akan bertambah ketika sebuah perusahaan lain menuntut perusahaan milik anda karena pelanggaran Trademark.

Selain itu, apabila anda bisa lolos dari pelanggaran Trademark, memiliki domain / brand yang serupa akan membuat pengunjung kebingungan. Hal ini bisa membuat brand anda kalah bersaing dengan brand lainnya yang lebih unik.

Web Hosting Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.