Apa itu Google AMP untuk website?

Apa Itu Google AMP dan Kegunaannya Bagi Website

Google AMPGoogle AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah proyek open source dari google yang bertujuan untuk membuat halaman web diakses lebih cepat. Ada beberapa yang menyebutkan bahwa dengan adanya AMP halaman web bisa diakses 10x lebih cepat menggunakan perangkat mobile.

Proyek yang dilakukan google ini sangat masuk akal, melihat data yang menunjukan bahwa lebih banyak pengunjung web yang menggunakan perangkat mobilenya. Dan bagi kebanyakan pengguna mobile, mengakses website-website tertentu kadang terasa lemot.

Website yang menggunakan AMP akan di host dalam cache AMP milik google. Inilah yang membuat website super cepat ketika diakses oleh pengguna perangkat mobile. Tapi, meskipun dengan kelebihannya dalam kecepatan google AMP bukan tanpa kekurangan.

Berikut adalah kekurangan dan kelebihan dari AMP

Kelebihan AMP

Para ahli SEO menyatakan bahwa dengan menggunakan accelerated mobile pages, website bisa naik ranking. Google memberikan boost dalam mobile search bagi halaman website yang menggunakan AMP.

Selain itu juga, website yang menggunakan AMP bisa memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pengguna perangkat mobile yang lemot. Karena berdasarkan beberapa penelitian, sebagian besar pengunjung akan keluar dari website apabila website tersebut loading lebih dari 3 detik.

Kekurangan AMP

Meskipun kelebihannya dalam memberikan boost di SEO dan kecepatannya di mobile pages, AMP memiliki kekurangan pula. AMP menggunakan HTML, Javascript dan CSS yang “limited” atau terbatas. Hal ini berarti akan ada beberapa kekurangan fitur dan widgets dalam halaman AMP.

Web Hosting Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *