Pengertian Cron Jobs

Apa Itu Pengertian Cron Jobs?

Pengertian Cron Jobs dan Fungsinya Dalam Scheduling
Perintah Jobs/Pekerjaan Pada Server Secara Berkala

Pengertian Cron Jobs ~ Cron jobs adalah sebuah utilitas didalam software operasi linux untuk menjalankan sebuah script atau perintah pada server secara otomatis pada waktu dan tanggal yang telah ditentukan. Orang-orang menggunakan cron sebagai pengatur jadwal jobs/pekerjaan pada software server. Jadwal jobs/pekerjaan tersebut dilakukan secara berkala pada waktu, tanggal atau interval yang sudah ditentukan.

Tujuan dasar dari cron sebenarnya berguna untuk mendownload file atau email dari internet secara berkala. Namun selain melakukan itu, ada beberapa pekerjaan lain yang bisa dilakukan dengan cron jobs. Salah satunya adalah membebaskan diskspace. Pengguna bisa mengatur tugas cron untuk menghapus file-file sementara setiap minggunya untuk membebaskan diskspace pada server. Hal ini membuat tugas developer lebih mudah dalam bagian maintenance.

Sebenarnya tugas-tugas yang cron lakukan menyangkut nama cron itu sendiri. Asal muasal nama cron berasal dari bahasa Yunani untuk “waktu” yaitu “Chronos(χρόνος)”.

 3 Komponen Cron Jobs

Apabila diperhatikan, cron jobs memiliki 3 komponen utama yaitu :

  1. Script yang akan dijalankan
  2. Perintah untuk mengeksekusi script secara berkala, biasanya dilakukan melalui cPanel
  3. Hasil output dari script

Sebagian besar dari script memiliki pengaturan dan instruksi tertentu, silahkan konsultasikan pembuatan script anda dengan penyedia hosting atau dengan pembuat script.

Catatan : Dikarenakan oleh sifat dari cron jobs yang mampu untuk mengotomatisasi sebuah pekerjaan pada server secara berkala, maka sangat penting untuk memahami setiap kebijakan server. Biasanya perintah cron jobs tidak kurang dari 15-30 menit pada sebuah shared hosting, kecuali pengguna memiliki VPS atau dedicated server.

Web Hosting Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *