Periksa Kesehatan Website

Mengapa Harus Periksa Kesehatan Website?

periksa kesehatan websiteKesehatan website mungkin terdengar seperti sesuatu yang konyol bukan? namun hal ini benar-benar perlu diperhatikan. Dikarenakan berkembangnya teknologi dan pergantian tren pengunjung, website yang baru dibuat tahun lalu pun perlu anda periksa kesehatan website nya.

Kesehatan website sebenarnya sangat berpengaruh terhadap ranking SEO. Website yang performanya buruk akan berpengaruh buruk juga terhadap ranking SEO nya. Bahkan pelanggan yang sering kembali pun akan mulai gusar terhadap loading time yang lama dan banyaknya dead links.

3 Masalah Kesehatan Website

Kecepatan

Pengunjung tidak suka untuk lama-lama menunggu, apalagi ketika loading sebuah website atau webpage. Google’s Doubleclick melakukan research dan menyatakan bahwa 53% pengguna akan meninggalkan webpages apabila loading time nya lebih dari 3 detik.

Selain itu kecepatan juga bisa dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang mengunjungi website tersebut. Google pun menyatakan bahwa “Site Speed” akan digunakan sebagai faktor penentu ranking website.

Error

Sebah website yang tidak terpercaya sangatlah membuat kesal para pengunjung. Website yang dipenuhi dengan link yang tidak berjalan dan 404 error kadang dianggap sebagai website yang sudah tidak terpakai lagi.

Menyimpan link kepada URL external yang kadaluarsa sangatlah tidak bagus untuk pengalaman pengunjung. Bahkan hal ini bisa memperlihatkan bahwa website tersebut sudah mulai kadaluarsa. Pengunjung kemungkinan besar tidak akan melakukan transaksi jual beli didalam website yang berkesan rusak dan tidak terawat.

Keamanan

Perusahaan yang berisiko kebobolan datanya hanya akan membahayakan pelanggan dan brand perusahaan tersebut. Tapi hal ini bisa dicegah dengan menggunakan SSL certificate.

SSL atau Sockets Secure Layer menyediakan enkripsi dan keamanan dalam komunikasi antara website dan browser internet. Dengan memiliki SSL certificate pengunjung bisa tau bahwa informasi yang mereka input kedalam website terjaga dengan aman. Pastikan bisnis anda aman dengan memasang SSL certificate di dalam website anda.

Untungnya tersedia banyak optimisation tools yang terjangkau bahkan gratis. Berikut adalah beberapa website checker yang tersedia di internet :

  • Urlvoid : http://www.urlvoid.com
  • Sucuri : http://sitecheck.sucuri.net
  • Google Safe Browsing Site Status : http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=situsanda.com

 

 

Web Hosting Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.