Apakah Yang Dimaksud Content Delivery Network?

Pengertian Dari Content Delivery Network

apa itu pengertian Content Delivery Network atau CDNContent delivery network atau bisa juga disebut content distribution network, yang lebih sering dipanggil CDN. CDN adalah sebuah jaringan proxy server dan pusat data yang terdistribusi secara geografis. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mendistribusikan layanan secara spasial kepada pengguna untuk menyediakan ketersediaan dan kinerja yang tinggi.

CDN sekarang menyediakan sebagian besar dari porsi konten yang ada di internet. Konten yang termasuk diantara lain :

  • Objek web : text, scripts, graphics dll
  • Objek yang dapat diunduh : file media, software, dokumen dll
  • Aplikasi : e-commerce, portals
  • Media live streaming
  • Streaming media on-demand, dan
  • Social networks / Jaringan sosial

CDN adalah sebuah lapisan di ekosistem internet. Pemilik konten seperti perusahaan media dan vendor e-commerce membayar operator CDN untuk menyampaikan konten mereka kepada para penggunanya. Sebagai gantinya, CDN membayar ISP dan operator jaringan untuk menghosting servernya di data center mereka.

Cara Kerja CDN

Server terdekat dengan website pengunjung merespon terhadap permintaan konten. CDN kemudian mengkopi halaman dari website tersebut ke sebuah jaringan server yang tersebar di lokasi berbeda, yang kemudian tiap lokasi akan menangkap konten halaman tersebut.

Ketika pengunjung meminta tampilan halaman web yang merupakan bagian dari content delivery network, CDN akan langsung me-redirect permintaan tersebut dari server pusat kepada server CDN yang terdekat dengan lokasi pengunjung. CDN juga akan mengirimkan informasi kepada server pusat untuk mengirimkan konten apapun yang sebelum belum ter-cache.

Proses didalam CDN  hampir tidak terlihat oleh pengguna. Satu-satunya cara seorang pengguna bisa mengetahui apakah CDN telah diakses adalah apabila melihat URL yang dikirimkan berbeda dengan URL yang pertama diminta.

Keunggulan Content Delivery Network

Tentu saja Content delivery network bisa memberikan keunggulan untuk pengembang web dari segi kinerja, waktu dan budget/dana mereka. Dan berikut adalah beberapa keunggulan dari CDN atau Content delivery network tersebut:

  1. File bisa di-cache di waktu sebelumnya.
  2. Infrastruktur berkapasitas tinggi.
  3. Pusat data yang tersebar.
  4. Analisis penggunaan data / konten.
  5. Mendorong kinerja dan menghemat uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.