Apa Itu JQuery?

Penjelasan Apa Itu JQuery

Javascript library, apa itu JQueryApa Itu JQuery ~ Bagi sebuah website setidaknya ada 3 bahasa pemrograman utama yang bisa membuat website itu hidup. Bahasa pemrograman tersebut diantara lain adalah HTML, CSS dan Javascript. Dan bagi Javascript ada 1 library yang cukup populer dikalangan developer website, dan library tersebut dinamakan JQuery.

JQuery adalah library dari Javascript yang memudahkan pembuatan webpage dan web app berbasis Javascript. JQuery memungkinkan kita untuk mempersingkat dan mempermudah penggunaan Javascript.

Sebagai contoh, dalam JQuery sebuah fungsi hanya perlu ditulis dalam 1 baris kode, yang dimana apabila dibuat dalam Javascript bisa saja menghabiskan lebih dari 1o baris kode, hebat bukan? Bahkan JQuery mendapatkan ungkapan “write less, do more” dari para pengguna Javascript.

Apa Yang Bisa Dilakukan Dengan JQuery?

Banyak hal yang bisa dicapai dengan JQuery, namun fokus utama dari JQuery dan Javascript adalah untuk membuat website tersebut terlihat lebih hidup dan lebih menarik. Misalkan dengan cara menambahkan animasi slideshow yang dapat membuat website terlihat lebih menarik dan serasa tidak monoton.

Selain itu ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan JQuery:

  • Menambahkan Efek/Animasi pada website ; slide in, slide out, fade in, fade out.
  • Membuat menu drop-down dengan efek/animasi.
  • Memanipulasi DOM untuk menambah, menghilangkan atau mengurutkan kembali konten yang ada pada website.
  • Membuat interface drag and down untuk mengatur konten website dengan lebih mudah.

Masih banyak fungsi JQuery lainnya yang bisa digunakan untuk mengembangkan konten website sesuai keinginan. Namun berhati-hatilah ketika menggunakan Javascript atau JQuery. Karena bila tidak terpasang secara tepat kesalahan penggunaan fungsi dalam barisan kode malah bisa menurunkan kualitas website itu sendiri.

Apa Keuntungan Menggunakan Library JQuery?

Keuntungan utama dari JQuery adalah library Javascript ini bekerja cross-browser, ini berarti JQuery akan berfungsi di mayoritas browser yang ada. Karena terkadang fungsibilitas Javascript kadang berbeda-beda untuk beberapa browser. Namun dengan menggunakan JQuery, kita hanya perlu menggunakan kode JQuery dengan benar dan sisanya JQuery yang menjalankan kode tersebut antar browser yang berbeda-beda.

One thought on “Apa Itu JQuery?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.