Apa Itu VPS Hosting

Penjelasan tentang apa itu VPS hosting ( Virtual Private Server )

Apa Itu VPSApa itu VPS hosting atau sering disebut dengan VPS saja. VPS merupakan layanan mesin virtual / server virtual yang ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting. Untuk lebih jelas tentang apa itu VPS akan lebih dapat dimengerti jika dilakukan perbandingan dengan layanan server hosting lainnya, misal dengan shared hosting.

VPS memiliki dan menjalankan sistem operasi tersendiri sehingga pemilik VPS lebih leluasa dalam menggunakannya. Misal install addon sendiri, install firewall dan konfigurasi tambahan dalam OS maupun perangkat lunak di dalamnnya. Juga dengan memiliki OS tersendiri, pengguna VPS dapat login sebagi super user.

Sedangakan shared hosting semua hal tersebut diatas sudah disediakan oleh penyedia layanan hosting tanpa bisa menyesuaikan sendiri.

Hal lainnya yang membedaan antara VPS hosting dan shared hosting yaitu hardware. VPS hampir menyerupai dedicated server dimana CPU, RAM, Harddisk dalokasikan secara khusus untuk tiap-tiap VPS. Misalnya dalam satu server terdapat 20GB RAM untuk 4 VPS maka masing-masing VPS mendapatkan 5GB RAM tanpa di share ke akun lain.

Lain halnya dengan shared hosting, jika server memiliki 20GB RAM maka 20GB tersebut di shared ke semua akun dalam server tersebut yang jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan dalan satu server.

Manfaat VPS

Berikut ini adalah beberapa manfaat VPS

  • Dikarenakan memiliki OS tersendiri maka dalam hal kustomisasi dapat dengan mudah dilakukan. Misalnya PHP, MySQL, Apache, script addon dll dapat install dan menyesuaikan sesuai kebutuhan.
  • Jika memiliki atau konfigurasi sebuah sistem yag mengharuskan server di restart maka Anda bisa melakukannya. Tidak seperti shared hosting dimana restart server menjadi kewenangan pemilik server.
  • Pemilik VPS juga memiliki privasi tersendiri karea tidak menggunakan operating sistem bersama dengan pengguna lain.

Kesimpulannya VPS layaknya seperti dedicated server yaitu memiliki OS dan alokasi tersendiri namun dalam bentuk virtual karena VPS itu sendiri berada dalam sebuah dedicated server.

Jika ingin lebih jelas lagi umpamanya dalam sebuah OS Windows kita install virtual mesin misalnya virtual box. Bagi yang pernah menggunakan virtual box pasti mengetahui bahwa dalam vitual box diberikan alokasi hardware seperti RAM, VGA dan OS tersendiri. Dengan virtual box bisa install beberapa OS seperti install kembali Windows, Linux dll dalam satu PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.