Apa Itu Web Hosting

Pengertian Web Hosting

Apa itu Web HostingApa Itu Web Hosting Server hosting webhostingallinone – web hosting adalah tempat untuk menyimpan situs web ( berupa file teks, audio, video dan gambar ) atau data lainnya supaya bisa diakses melalui internet, situs web tersebut bisa dimiliki oleh sebuah perusahaan, pemerintahan maupun pribadi. Web Hosting disebut juga sebuah server yang biasanya berjumlah banyak sesuai berapa banyak pengguna yang memanfaatkan layanan tersebut.

Untuk menggambarkan apa itu web hosting, ibarat sebuah toko dimana didalamnya terdapat berbagai hal dan dipergunakan sesuai kebutuhan. Web hosting tersebut bisa dikunjungi oleh siapa saja jika pemilik toko mengijinkan.

Siapa yang mengelola Web Hosting, pengelola web hosting adalah sebuah perusahaan yang menyediakan perangkat server dalam infrastruktur jaringan. Dan kemudian server tersebut dijual/disewakan kepada pelanggan, supaya bisa digunakan.

Namun kini web hosting tidak hanya dijual langsung oleh perusahaan penjual hosting tetapi juga dijual oleh reseller hosting yang bekerja menjual kembali hosting tersebut, jadi para pelanggan bisa saja membeli hosting dari reseller.

Apakah membeli hosting dari reseller adalah suatu hal yang baik, tentu saja. Dengan catatan penting yaitu pembeli harus mengetahui dimana dan perusahaan apa yang menyediakan server tersebut. Sehingga ketika terjadi sesuatu hal maka pembeli tinggal menghubungi perusahaan induk tempat server tersebut dikelola. Walupun reseller hosting tersebut sudah tidak ada.

Apakah membeli dari reseller ada keuntungannya dan kenapa tidak langsung membeli ke perusahaan induk, jawabannya ada.

Contoh misal hosting yang di host di USA dan pelanggan ingin membelinya tetapi terbatas dalam hal komunikasi atau cara pembayaran. Maka reseller bisa menjembatani hal tersebut dengan memberikan layanan bahasa dan mata uang lokal.

Lalu apa saja jenis-jenis web hosting, banyak sekali jenis web hosting sesuai dengan peruntukannya. Yang pasti perbedaan jenis web hosting paling utama adalah seberapa besar server tersebut dapat menyimpan data dan seberapa cepat diakses. Serta dalam hal keamanan yang memiliki tingkatatan berbeda di setiap jenis web hosting.

Baca juga : jenis-jenis web hosting

Kesimpulan apa itu web hosting

Web Hosting adalah sebuah perangkat keras dan perangkat lunak didalammnya yang digunakan untuk menyimpan data. Berupa file teks, audio, video dan gambar supaya bisa diakses melalui jaringan internet diseluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.