Apa Itu WebHostManager (WHM)?

Penjelasan WebHostManager (WHM)

apa itu webhostmanagerMungkin masih ada beberapa orang awam yang akan bertanya “apa itu WebHostManager?” dan jawaban untuk pertanyaan itu adalah sebagai berikut ini : WebHostManager adalah sebuah program yang memungkinkan administrator server atau reseller hosting untuk mengelola akun hosting pelanggan mereka.

Dengan kata lain WHM merupakan kontrol panel dimana reseller bisa mengelola segala urusan yang berkaitan dengan hosting mereka. Namun hak reseller untuk mengelola kontrol panel WHM sedikit terbatas, dikarenakan ada 2 versi dari WHM yaitu :

  1. Reseller Basic WHM, dan
  2. VPS atau Dedicated Server WHM (WHM dengan akses root).

Jadi WHM yang digunakan reseller akan memiliki kekurangan dibandingkan dengan WHM yang dipasan pada VPS atau Dedicated Server. Namun itu tidak berarti bahwa menggunakan WHM reseller merupakan suatu hal yang buruk. Justru tanpa VPS maupun Dedicated server, reseller masih bisa melakukan banyak hal menggunakan kontrol panel WHM yang dimiliki.

Fitur-Fitur WHM

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa didapatkan oleh reseller dalam kontrol panel WHM :

  • Membuat, menghapus sampai mengsuspen akun cPanel.
  • Akses untuk melihat dan merubah DNS Domain.
  • Mengelola dan memonitor situs website.
  • Mengecek informasi dan status server.
  • Mengatur customer support request di cPanel.
  • Mampu merubah nama domain dan username klien, dll.
  • Mengkonfigurasi SSL

Alasan Untuk Menggunakan WHM

WHM memberikan kontrol dan fleksibilitas ketika mengelola situs yang dimiliki. Dengan begitu mengelola berbagai macam situs website menjadi suatu hal yang mudah. Selain itu, WHM memberikan kesempatan untuk bahkan mengurus lebih dari 1 cPanel. Sebagai contoh, situs orientasi bisnis dengan situs orientasi populeritas dan pengunjung bisa dipisahkan menjadi 2 cPanel.

Ada Banyak faktor yang memberikan alasan-alasan bagus untuk memiliki WHM, dan berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Tingkat privasi yang tinggi.
  • Tingkat keamanan yang tinggi. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, ketika salah satu situs yang dikelola diserang oleh hacker, maka persentase bahwa hacker tersebut akan masuk kedalam situs yang lainnya akan diminimalisir.
  • Mengatur pembayaran klien (kartu kredit, dll.) menjadi lebih mudah.
  • WHM mampu memonitor maupun merubah bandwith dan disk space hosting. Dengan itu masalah-masalah teknis seperti website yang kehabisan disk space akan terhindari.

Itulah pengertian WebHostManager beserta daftar fitur yang disediakannya. Ditambah dengan beberapa alasan kuat betapa mudah dan nyamannya pekerjaan apabila memiliki WHM.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.