Apa Itu WordPress Hosting

Pengertian tentang apa itu wordpress hosting

Apa itu wordpress hosting

Apa Itu WordPress Hosting РSesuai dengan namanya WordPress Hosting diperuntukan khusus untuk WordPress dan merupakan jenis layanan berbayar.

WordPress hosting tidak memiliki cpanel atau Plesk layaknya hosting linux ataupun hosting windows. Dan tidak bisa di install aplikasi lain seperti Joomla, Opencart, Prestashop, Drupal dll. Beda dengan shared hosting yang bisa bebas install apa saja.

Cara mengelola WordPress di hosting wordpress mirip seperti cara mengelola wordpress gratis yang menggunakan sub domain.

Beda antara wordpress hosting dengan wordpress gratis adalah :

  • WordPress Hosting berbayar bisa menggunakan nama domain sendiri misal namadomainanda[dot]com sedangkan wordpress gratis menggunakan sub domain dari wordpress misal namawordpressanda[dot]wordpress[dot]com
  • WordPress Hosting berbayar bisa install plugin sedangkan wordpress gratis memiliki plugin yang terbatas.
  • WordPress Hosting berbayar bisa lebih leluasa dalam hal edit desain sedangkan worpdress gratis menggunakan apa yang sudah ada.
  • Pada intinya WordPress Hosting berbayar ini seperti yang ditawarkan wordpress.org yaitu self hosted namun tidak seperti shared hosting.

Lalu apa beda antara WordPress Hosting dengan Wordpess yang ada di shared hosting ?

Lebih mudahnya begini, WordPress hosting seperti kita memiliki smartphone Android maka tidak bisa install OS Windows dll. smartphone yang kita miliki hanya diisi khusus untuk Android termasuk aplikasi-aplikasinya.

Sedangkan shared hosting seperti kita memiliki komputer yang masih kosong, di dalam nya bebas mau diisi Windows, Linux, Mac dll.

Selain itu perbedaan WordPress Hosting dengan shared hosting adalah dalam hal kecepatan. Dimana WordPress Hosting memiliki kecepatan akses lebih dibandingkan shared hosting, ini terjadi karena memang dikhususkan untuk WordPress.

Namun demikian hal tersebut tidak mutlak, karena website apapun tanpa pengelolaan yang baik dan optimal akan menyebabkan performa website menurun.

Kenapa bisa ada hosting khusus untuk WordPress, kenapa tidak self hosting saja yang bisa diisi banyak aplikasi. Jawabannya tentu WordPress juga tidak hanya ingin memberikan layanan gratis mereka juga ingin ada layanan berbayar dengan cara menyediakan tempat sendiri untuk aplikasi mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.