Cara Edit File PHP di Cpanel

Tutorial cara edit file PHP di cpanel

Cara edit file PHP di cpanel hosting merupakan cara yang bisa dilakukan langsung tanpa perlu software tambahan. Cukup memanfaatkan fasilitas yang sudah ada di cpanel. Cara lain supaya lebih leluasa tentu menggunakan software editor seperti Notepad++, Sublime, Macromedia Dreamweaver dll.

Berikut ini cara edit file PHP di cpanel.

  • Login ke cpanel hosting

Login ke cpanelMasukan username dan password setelah hosting aktif


  • Pilih file manager

File manager


  • Tampilan file manager di hosting cpanel

Tampilan file managerPilih folder public_html yaitu tempat semua file website yang ditampilkan ke umum/dapat diakses publik.

Folder-folder dan file-file bawaan selain di public_html jangan dihapus karena jika dihapus akan terjadi error.


  • Isi folder public_html

Cara edit file php di cpanelJika akun hosting cpanel baru pertama kali aktif biasanya hanya terdapat file index.html atau index.php dan beberapa file gambar untuk ditampilkan di halaman.

Ketika sebuah website diakses, pertama kali akan menjalankan file index.html atau index.php jika jika salah satu tidak ada maka akan diakses file yang ada yaitu antara index.html dan index.php

Mana yang pertama kali dijalankan antara file index.html dan index.php ? ini tergantung dari konfigurasi yang dilakukan penyedia hosting. Dalam contoh kali ini file index.php yang pertama kali dijalankan.

Klik kanan pada file yang ingin di edit

Perbedaan fasilitas Edit dan Code Edit yang paling utama adalah, Edit berupa editor yang mirip dengan notepad standar di windows sedangkan Code Edit berupa text editor yang terdapat urutan nomor pada setiap baris dan fitur tambahan sehingga lebih memudahan ketika file di edit.

Lain hal jika edit file HTML, editor HTML lebih lengkap yang didalamnya terdapat fitur-fitur seperti tambah gambar, tabel dll seperti gambar dibawah ini.

fitur_html_editorFitur HTML editor hanya akan muncul ketika file yang di edit adalah file jenis HTML.


Kita kembali ke cara edit file PHP di cpanel. Setelah klik kanan dan pilih Code Editor kemudian klik edit sekali lagi.

  • Tampilan Code Editor

Tampilan code editorInilah tampilan code editor di hosting cpanel, bisa edit file PHP, HTML, Teks dll. Jangan lupa Save Changes setelah melakukan perubahan.

Hasil edit file PHP diatas seperti gambar dibawah ini.

Hasil edit file php di cpanel


Kesimpulan

Cara edit file PHP di cpanel bisa dilakukan langsung melalui fasilitas file manager yang sudah di sediakan dan bisa digunakan ketika keadaan darurat atau bagi Anda yang malas harus upload setiap kali melakukan perubahan.

Perhatian : selalu backup file sebelum melakukan perubahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.