Cara Kerja Yoast SEO

Pengertian & Cara Kerja Yoast SEO

cara kerja Yoast SEO
SEO

Sebelum kita menggali lebih dalam mengenai pengertian & cara kerja Yoast SEO, sebaiknya kita lihat pengertian SEO terlebih dahulu. SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara untuk mengoptimisasi suatu konten webpage supaya bisa diketahui oleh orang banyak melalui search engine.

Sebenarnya pengaruh antara peringkat search engine dan konten yang disukai orang banyak cukup berbanding lurus. Mari kita ambil contoh, ketika search engine menampilkan sebuah “result” website di peringkat pertama, maka kemungkinan besar konten yang ada didalam website tersebut akan disukai oleh orang banyak. Sama halnya juga dengan situasi yang sebaliknya. Ketika sebuah konten didalam website disukai oleh orang banyak, maka kemungkinan besar juga website tersebut akan menjadi peringkat pertama di search engine.

Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress yang cukup populer dan digunakan oleh banyak orang. Tidak heran, meski anda adalah seorang profesional SEO yang mengurus website klien , maupun seorang personal blogger. Yoast SEO sangat mudah digunakan, dan didalam penggunaan yang tepat bisa menjadi alat yang sangat kuat bagi penggunanya. Yoast bertugas untuk membuat website yang dioptimisasikannya menjadi lebih akrab dengan search engine di setiap langkahnya. Semakin akurat konten anda dengan ketentuan Yoast, maka semakin mendekat juga peringkat 1 search engine yang anda inginkan.

Tips-tips SEO Yang Diberikan Oleh Yoast SEO

Berikut adalah beberapa tips dan ketentuan cara kerja Yoast SEO demi Website yang “SEO Perfect”. Yoast SEO membagi pengerjaan SEO menjadi 2 bagian yaitu “Readability” dan “Keyword :

Readability

Tips SEO di bagian Readability bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam membaca isi/konten dari webpage yang bersangkutan. Semakin ramah dan mudah dimengerti tulisan anda dimata pembaca, semakin bagus pula konten anda dimata search engine. Berikut adalah beberapa tips Yoast SEO Readability :

  1. Setiap kalimat tidak boleh lebih dari 20 kata.
  2. Setelah 1 subheading, maksimal ada 300 kata di paragrafnya.
  3. Penggunaan kata pasif tidak boleh lebih dari 10% (versi English)
  4. Penggunaan kata transisi harus 20% (versi English)
  5. Paragraf tidak boleh terlalu panjang

Keyword

Fokus Yoast SEO dalam bagian Keyword adalah mengoptimisasi konten webpage supaya bisa sesuai dengan apa yang orang-orang harapkan dari webpage tersebut. Selain itu juga, bagian Keyword mengoptimisasi konten webpage supaya terlihat bagus dimata search engine. Apabila dilakukan dengan benar itu akan memberikan jalan menuju peringkat nomer 1 di search engine. Berikut adalah tips Yoast SEO Keyword :

1. Focus Keyword

Disetiap webpage yang dibuat (sebagai contoh sebuah artikel), setidaknya anda perlu untuk menentukan minimal 1 keyword utama / focus keyword. Yang dimana focus keyword tersebut akan menjadi acuan untuk melakukan SEO di webpage yang dikerjakan. Focus keyword ini harus ada dalam judul , minimal sebuah subheading, URL, gambar, meta deskripsi dan dalam paragraf pertama artikel terkait.

Focus keyword ini harus berada dalam persentase yang tepat didalam sebuah artikel. Apabila terlalu sedikit tidak akan terlihat bagus di search engine. Dan apabila terlalu banyak, search engine malah akan melihatnya sebagai upaya spam keyword. Focus keyword menjadi lebih bagus apabila anda belum pernah menggunakannya dalam pembahasan sebelumnya.

2. Meta deskripsi

Meta deksripsi memberikan “sneak peak” kepada pembaca tentang apa saja konten yang ada dalam webpage tersebut. Apabila kata-katanya menarik dan menghipnotis untuk dibaca, kemungkinan besar para pembaca akan langsung terpancing masuk kedalam webpage kita.

3. Gambar

Minimalnya ada 1 gambar dalam 1 artikel / webpage. Selain itu, minimal dalam 1 gambar , “alt” harus mencantumkan focus keyword yang telah ditentukan.

4. Internal Links & Outbond Links

Dalam 1 artikel harus mencantumkan minimalnya 1 link kedalam website itu sendiri. Jadi misalkan anda akan mempost sebuah artikel didalam website yang dimiliki. Artikel tersebut harus mencantumkan sebuah link yang dimana link tersebut akan menuju ke website anda kembali.

Sedangkan untuk outbond links, setidaknya dalam 1 artikel harus mencantumkan kepada website selain website asalnya. Link tersebut bisa menuju ke website manapun yang diinginkan. Tapi sebaiknya, link tersebut menuju kepada website yang berkaitan dengan konten yang sedang di buat.

Jika berhasil memenuhi ketentuan-ketentuan Yoast ini, bisa dibilang jalan menuju puncak search engine sudah terbuat untuk anda.

 

 

One thought on “Cara Kerja Yoast SEO”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.