Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress – Kategori berguna untuk mengelompokkan artikel atau posting. Jika website atau blog sudah memiliki artikel atau posting yang banyak. Maka dengan adanya kategori akan memudahkan pengunjung blog atau website untuk menemukan konten apa yang akan dibaca.

Kategori juga berpengaruh dalam SEO (Search Engine Optimization). Untuk website atau blog yang baru dibuat dengan adanya kategori akan membantu artikel atau posting yang dibuat lebih cepat masuk search engine.

Kategori digunakan pada saat membuat artikel atau posting pada blog WordPress. Untuk menentukan kategori yaitu dengan cara centang kotak yang berada disebelah kiri nama kategori.

Kategori terletak di menu sebelah kanan pada halaman posting. Di bawah akan dijelaskan tentang langkah-langkah Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress.

Apabila kategori pada website atau blog banyak, maka sebaiknya pasang widget kategori pada sidebar. Supaya lebih memudahkan lagi pengunjung mencari konten yang dibutuhkan.

Panduan Lengkap Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress

  • Langkah pertama yaitu login ke dashboard WordPress, caranya di browser ketikan http://namadomainanda.com/wp-admin
  • Selanjutnya masukkan Email Address lalu klik “Continue”
  • Masukkan password lalu klik “Log In”
  • Setelah masuk dashboard Wordpres, pada bagian dashboard sebelah kiri pilih menu “Posts” kemudian klik “Categories”

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress 1

  • Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Kemudian isi bagian “Add New Category”.
  • Name : di isi dengan nama kategori yang akan di buat,
  • Parent Category : Apabila nama kategori tersebut merupakan kategori utama, maka di isi dengan None. Apabila nama kategori tersebut merupakan sub kategori, maka klik tanda panah untuk memilih akan menginduk ke kategori utama yang mana.
  • Description : di isi dengan deskripsi singkat mengenai nama kategori atau bisa juga dikosongkan. Deskripsi tidak ditampilkan secara default dan ada beberapa themes tidak menampilkannya
  • Contoh akan membuat kategori website. Pada “Name” di isi dengan Website. Parent Category pilih None karena merupakan kategori utama. Description di kosongkan. Selanjutnya klik “Add New Category”

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress 2

  • Maka akan tampil seperti gambar di bawah, dimana kategori utama sudah bertambah dengan kategori website

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress 3

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Kategori Di WordPress, selamat mencoba semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

4 komentar pada “Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress”

  1. assalamualaikum, mohon maaf mengganggu. saya ingin bertanya kalau mau buat kategori untuk postingan gimana ya, misalnya untuk setiap postingan di buatkan kategori masing masing dan di tampilkan di bagian website ?

    1. Waalaikum salam, Saya asumsikan bahwa pertanyaan untuk di WordPress.

      Menampilkan kategori dihalaman depan misalnya di Menu atas/primary menu yaitu dengan cara masuk ke Appereance/Tampilan-Menu lalu pilih/tempatkan kategori ke bagian kanan.

      Bisa di menu utama atapun di sidebar.

      Menempatkan kategori di menu wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.