Cara Upload File Website Menggunakan Filezilla

Cara Upload File Website Menggunakan Filezilla

Cara Upload Dengan Filezilla

Bagaimana Cara Upload File Website Menggunakan Filezilla

Cara Upload File Website Menggunakan Filezilla – Sebelum membahas tentang cara upload file website menggunakan filezilla. Sekilas mengenai Filezilla adalah perangkat lunak bebas yang merupakan aplikasi FTP cross-platform.

Filezilla terdiri dari Filezilla Client dan Filezilla Server. Binari Client tersedia untuk Windows, Linux, dan macOS sedangkan Binari Server hanya tersedia untuk Windows.

Filezilla merupakan salah satu fitur FTP yang digunakan untuk download dan upload file website ke hosting. Sesudah Anda membuat website di localhost tentu saja website tersebut harus di upload ke server hosting supaya bisa dijalankan secara online.

Ada berbagai cara untuk upload file website seperti dalam artikel sebelumnya yaitu dengan menggunakan cPanel. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai Cara Upload File Website Menggunakan  Filezilla.

Keuntungan upload dengan menggunakan Filezilla yaitu apabila koneksi terputus kita dapat melanjutkan kembali proses upload file yang sebelumnya. Dan bila file dalam jumlahnya besar upload menggunakan Filezilla menjadi lebih efisien.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan upload file dengan menggunakan FTP Filezilla yaitu login ke cpanel hosting dengan username dan password yang sudah didapatkan dari pihak penyedia web hosting. Selanjutnya buat akun FTP baru atau bisa juga login FTP menggunakan data login cpanel default yaitu user dan password cpanel.

Langkah-Langkah Upload File Website Menggunakan Filezilla

  • Jika belum mempunyai software Filezilla, silahkan download di internet terlebih dahulu. Kemudian install Filezilla di komputer Anda.
  • Lalu buka FTP Client FileZilla. Selanjutnya isi bagian Host, Username, dan Password.
    Bagian Host isi dengan nama domain anda tanpa menggunakan www contoh namadomain.com. Username isi dengan username cPanel Anda. Password isi  dengan password cPanel Anda. Username dan Password bisa Anda dapatkan dari penyedia hosting tempat Anda menyewa hosting.
  • Selanjutnya bagian Port di kosongkan saja, untuk menggunakan port deffault.
  • Lalu klik Quickconnect, untuk masuk akses FTP anda. Tunggu hingga Status successfull.
  • Siapkan folder file website yang akan diupload melalui FTP client dari komputer anda dan pastikan bahwa tidak ada file yang tidak terupload nantinya.
  • Pastikan lokasi file web pada localhost anda (di sebelah kiri FileZilla Client anda) .
  • Blok semua file data website yang ada di komputer anda yang akan di upload pada server hosting, klik kanan lalu pilih Upload, pastikan untuk upload ke folder public_html pada server hosting Anda.
  • Tunggu hingga semua file terupload semua, dan jika semua file website Anda telah terupload. Anda hanya mengimport dan setting configurasi database web  dengan benar, jika menggunakan database.

Demikian tentang Cara Upload File Website Menggunakan Filezilla, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.