Paket Hosting Untuk Website

Pertimbangan memilih Paket Hosting

Paket Hosting untuk website

Pertama kali yang harus diketahui sebelum membeli paket hosting untuk website adalah Mengetahui bahwa website yang kita buat dengan hosting yang kita beli benar-benar sesuai. Jangan sampai terjadi website yang dibuat merupakan website besar tetapi membeli paket hosting rendah atau sebaliknya membeli paket hosting besar tetapi website yang dibuat sebenarnya website sekala kecil. Jika hal tersebut terjadi bisa dikatakan tidak efektif.

Pertimbangkan hal berikut ini untuk menyesuaikan antara paket hosting yang ingin dibeli dengan website yang akan dibuat.

  1. Jumlah produk
  2. Jumlah gambar
  3. Audio & Video
  4. Platform website
  5. Proses pemrograman pada setiap fungsi website
  6. Kemungkinan banyaknya pengunjung setelah web online

Penjelasan

Kita bahas satu persatu kaitan antara poin-poin diatas dengan jenis hosting yang akan dibeli. Diasumsikan bahwa Anda ingin beli hosting paket Home Plan 1 space 200 MB ( kita sederhanakan saja 1MB=1000kb) dengan bandwith sebesar 2000MB

1. Jumlah produk, Anggap saja produk tidak memiliki gambar. Setiap produk rata-rata memiliki bagian seperti nama produk, detail produk, harga dan ukuran. Secara umum dengan detail produk tersebut hanya akan menghabiskan 5kb. Jika memiliki 100 produk berarti 100×5=500kb maka paket hosting diatas akan menampung lebih dari 500 produk.

2. Jumlah dan ukuran gambar, untuk gambar yang akan dimuat di web sebaiknya tidak terlalu besar supaya tidak menghabiskan space dan loading akan lebih cepat. Ukuran gambar sebaiknya tidak lebih dari 1MB.

Situs-situs web profesional jarang sekali bahkan hampir tidak pernah memuat gambar lebih dari 1MB. Karena bisa dibayangkan dalam sebuah website terdapat 5 slider dengan masing-masing gambar 1MB maka setiap pengunjung harus menghabiskan bandwith dan download sebesar 5MB sebelum website terlihat dengan sempurna belum lagi ditambah gambar-gambar lainnya dalam halaman web tersebut. Jika memiliki gambar masin-masing 1MB sejumlah 500 gambar berarti space 200MB akan menampung kurang dari 200 gambar.

3. Audio & Video, sudah dapat dipastikan lebih besar dari ukuran gambar, perkiraannya bisa mengacu ke keterangan tentang gambar poin 2.

4. Platform website. Wordpress, joomla, opencart, prestashop dll. Kita samakan misalnya sebesar 50MB, jikapun ada perpedaan tapi tidak terlalu jauh. Ukuran tersebut merupakan ukuran web pertama kali di install belum diisi konten lainnya.

5. Proses pemrograman pada setiap fungsi website artinya seberapa besar kerumitan website Anda, misal situs web yang terdapat proses penghitungan dalam jumlah besar seperti menghitung biaya, proses generate nomor, invoice dll. Akan sangat berbeda dengan sebuah website yag hanya menampilkan tulisan.

6. Kemungkinan banyaknya pengunjung, jumlah pengunjung tergantung seberapa gencar Anda mempromosikan/memperkenalakan website yang telah dibuat. Semakin besar promosi maka semakin banyak pengunjung mengakses website dan erat kaitannya dengan penggunaan bandwith. Dan sebaliknya sehebat apapun website yang dibuat jika tidak pernah diperkenalkan dalam artian dibiarkan begitu saja maka dijamin website tersebut tidak akan ada yang mengakses.

Perhitungan penggunaan bandwith secara sederhana adalah seberapa besar website ketika diakses. Contohnya jika 1 halaman web sebesar 1MB maka setiap pengunjung akan menghabiskan bandwith 1MB setiap mengakses satu halaman. Maka dari itu usahakan konten seminimal mungkin tetapi dapat memberikan informasi yang cukup kepada pengunjung dan juga jika konten dibuat efektif akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan website ketika di akses.

Tidak perduli seberepa cepat hosting dan koneksi yang kita miliki, jika penggunaan konten dan struktur program di website tidak dibuat efektif maka kecepatan akses web tidak akan optimal. Bisa dibayangkan jika kita langsung upload gambar-gambar berukuran lebih dari 3MB dan jumlahnya ratusan atau ribuan sudah pasti space dan bandwith akan tergerus habis.

Space & Bandwith Unlimited bukan penentu kecepatan

Bagaimana jika menggunakan hosting unlimited space dan bandwith?, perlu diketahui bahwa hosting unlimited space dan bandwith tidak ada kaitannya dengan kecepatan website. Kecepatan website dipengaruhi bagaimana seorang web developer membangun website yang efektif dan seberapa besar spesifikasi server.

Contoh diatas menggunakan website yang memiliki produk, bagaimana jika hanya website berupa blog atau company profile yang hanya memuat konten informasi tentang gambaran perusahaan. Bisa kita ambil persamaan yaitu berapa jumlah artikel, gambar, audio dan video yang akan dimuat di blog atau web tersebut.

Secara keseluruhan untuk meminimalkan biaya awal, cara yang paling sering diterapkan oleh pemilik website sekala kecil adalah membeli paket hosting paling rendah yang penting cukup untuk proses pembuatan dan dapat diakses dengan normal ketika website tersebut online.

Seiring dengan waktu dan melihat perkembangan yang ada biasanya mereka mulai upgrade ke paket yang lebih tinggi jika memang sudah benar-benar diperlukan.

Berbeda halnya jika kita ingin langsung membangun sebuah website sekala besar dengan jumlah konten begitu banyak. Dan rencana pengembangan website juga besar seperti promosi yang akan langsung dilakukan secara masif. Maka perlu memiliki hosting dengan spesifikasi lebih tinggi seperti Dedicated Server ataupun Colocation Server.

Baca juga tentang jenis-jenis web hosting

Itulah beberapa pertimbangan memilih paket hosting mana yang cocok ketika akan membuat website.

Jika masih benar-benar awam dan sama sekali belum memahami. Jangan ragu bertanya kepada kami tentang paket mana yang cocok untuk website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.