Reseller Hosting Linux VS Windows

Perbedaan reseller Hosting Linux VS Windows

Reseller hosting Linux VS WindowsReseller Hosting Linux VS Windows – Dalam dunia web hosting terdapat istilah reseller hosting yang artinya menjual kembali paket hosting yang ditawarkan perusahaan hosting menjadi paket-paket sesuai keinginan reseller tersebut.

Ada dua tujuan utama kenapa reseller hosting kini menjadi pilihan para pengguna web hosting. Yang pertama untuk dijual kembali dan yang kedua digunakan oleh para pegembang web untuk menyimpan website atau aplikasi klien mereka.

Kenapa pengembang website ataupun aplikasi menyimpan milik klien mereka dan tidak memberikan login langsung. Salah satu alasan yaitu ketika pembeli website atau aplikasi membayar dengan periode tertentu misalnya bulanan ataupun tahunan. Jadi website atau aplikasi tersebut tidak sepenuhnya milik klien kecuali sekali bayar dengan harga yang lebih tinggi.

Oke kita kembali membahas tentang reseller hosting linux VS Windows. Sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan dengan shared hosting linux dan shared hosting windows, keduanya sama. Hanya beda di fasilitas dimana reseller mendapatkan WHM ( Webhost Manager ) untuk mengelola dan membuat akun-akun baru.

Berikut adalah perbedaan Reseller Hosting Linux dan Reseller Hosting Windows

Reseller Hosting Linux

  • Umumnya OS untuk Linux identik cPanel namun sebenarnya Plesk juga bisa untuk Linux. Selain cPanel ada banyak kontrol panel untuk Linux yaitu Ajenti, Kloxo, EHCP, OpenPanel, Webmin, Zpanel, Virtualmin, DirectAdmin dll
  • Harga reseller hosting Linux lebih murah terkait dengan lisensi OS. Lisensi Windows server tentu lebih mahal dibanding Linux yang open source
  • Pemrograman yang didukug PHP, Perl, Python, GD, cURL, CGI, mcrypt
    Apache, MySQL, Zend, ionCube dll
  • Sampai saat ini cPanel masih paling banyak digunakan dibanding panel ontrol server Windows

Reseller Hosting Windows

  • Kontrol panel Plesk, DotNetPanel, Zpanel, WebsitePanel dll
  • Harga reseller hosting Windows lebih mahal karena lisensi Windows server berbayar
  • Pemrograman ASP.NET, PHP, Ajax Toolkit, cURL, IIS, MS SQL, MySQL, ionCube

Perbedaan paling utama antara reseller hosting Linux dan reseller hosting Windows terletak pada bahasa pemrograman yang ingin dipakai. Jika menggunakan seperti PHP, Perl, Python, Apache sebaiknya gunakan Hosting Linux. Dan jika menggunakan asp, IIS, MSSQL dan nantinya juga ingin menggunakan ColdFusion gunakanlah Windows Hosting.

Apakah di reseller hosting Window juga terdapat app installer ? tentu saja, dalam reseller hosting Windows terdapat app installer untuk install WordPress, Joomla, Opencart, Prestashop dan ratusan lainnya.

Catatan: Jika Anda menggunakan panel kontrol hosting gratis pastikan tetap mendapat update dan adanya forum untuk membahas semua permasalahan yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.