Apa Itu Web Design

Apa Itu Web Design

Penjelasan Mengenai Apa Itu Web Design

Apa Itu Web Design – Web design merupakan proses perancangan yang berkaitan dengan pembuatan situs web front-end termasuk penulisan mark up. Mark up adalah sistem modern untuk menganotasi dokumen dengan cara yang sintaksis dibedakan dari teks.

Pada umumnya proses web design akan bekerja secara tim. Tetapi tidak jarang juga seorang perancang akan melakukan semuanya secara individu, karena sekarang banyak CMS (Content Management System) yang menyediakan CMS secara gratis dan open source. Meskipun perancang hanya memiliki dasar dari bahasa pemrograman tetapi dengan adanya CMS tersebut, perancang bisa membuat website yang bagus dan berkualitas.

CMS yang menyediakan CMS gratis dan open source diantaranya wordpress, joomla, blogspot, drupal dan sebagainya. Jika menggunakan CMS diatas perancang web tinggal menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan situs web.

Web design mencakup berbagai keterampilan dan disiplin dalam produksi serta pemeliharaan situs web. Berbagai bidang dalam desain web meliputi desain grafis web, desain antarmuka, authoring, kode standar, proprietary software, pengalaman pengguna dan optimisasi search engine. Perancang web harus memiliki berbagai bidang diatas untuk merancang situs web dan memelihara kelancaran situs web.

Banyak  website yang menyediakan template gratis untuk menunjang perancangan situs web. Perancang web hanya tinggal mengoptimalkan desain web nya sesuai dengan kebutuhan klien.

Konten yang dihasilkan dari web design

Konten yang dihasilkan dari web design yaitu sebuah website. Website dapat dibuat dengan dua cara yaitu website statis dan website dinamis

Website statis

Website statis menyimpan file unik pada setiap halaman website statis. Jadi setiap kali halaman dipanggil maka konten yang sama dimunculkan. Konten dibuat satu kali selama proses desain website. Hampir semua website memiliki konten statis, karena pendukung seperti gambar dan stylesheet biasanya statis.

Manfaat yang dimiliki dari website statis yaitu Website statis lebih mudah dihosting, karena hosting hanya perlu menyajikan konten statis. Membutuhkan administrasi server yang lebih sedikit. Menampilkan halaman lebih cepat dan Perangkat keras server yang digunakan lebih murah.

Website Dinamis

Website dinamis dibuat dengan cepat menggunakan teknologi server-side untuk menghasilkan laman web. Perancang biasanya mengekstrak konten dari satu atau lebih database back-end.

Keterampilan yang diperlukan untuk membuat website dinamis biasanya jauh lebih luas dibandingkan dengan website statis. Hal ini melibatkan server, database, coding serta desain antarmuka dengan klien. Website dinamis lebih sering dikerjakan secara tim.

Demikian penjelasan mengenai Apa Itu Web Design, semoga bermanfaat.

Web Hosting Murah

One thought on “Apa Itu Web Design”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *