Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel

Bagaimana Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel

Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel – Website sangat erat kaitannya dengan hosting. karena tanpa adanya hosting website tidak mungkin dapat diakses. Hosting sangat berperan penting untuk berdirinya suatu website, sehingga website dapat diakses dan dikenal diseluruh dunia.

Hosting yang dibutuhkan untuk menyimpan website tergantung kebutuhan dari website itu sendiri. Tetapi terkadang dipertengahan jalan perlu untuk memindahkan website ke layanan hosting baru. Atau mungkin harus upgrade ke hosting yang lebih tinggi karena website memerlukan space hosting yang lebih besar.

Beberapa sebab sehingga ingin pindah layanan hosting. Misalnya karena kecepatan loading yang lambat, kurangnya support dari penyedia hosting lama, sering terjadi down time, harga yang tidak sebanding dengan layanan, kemanan kurang terjamin, fitur sudah tidak uptodate. Atau mungkin karena ingin upgrade ke layanan hosting yang lebih tinggi seperti ke VPS atau Dedicated Server. webhostingallinone.com dapat membantu jika Anda berminat untuk pindah atau Upgrade hosting.

Cara memindahkan website ke hosting baru secara garis besarnya adalah melakukan proses backup dari hosting lama kemudian memindahkannya ke hosting baru dengan cara upload atau restore.

Dalam proses pindah hosting tergantung dari data pada website tersebut. Jika datanya sedikit kemungkinan dapat dilakukan tanpa perlu downtime pada website yang sedang online. Tetapi jika datanya besar akan memerlukan waktu cukup lama, karena proses backup dan upload datanya memerlukan waktu.

Sebelum melakukan backup hal pertama kali yang harus dilakukan adalah backup isi email, karena isi email tidak di backup melalui fasilitas backup yang ada, untuk backup email silahkan gunakan aplikasi email client dan download seluruh isi email.

Cara Backup Menggunakan Cpanel

  • Pertama login ke hosting, kemudian pilih Backups atau Backup Wizard. Contoh kali ini menggunakan Backups
Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel
Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel
  • Lalu pilih Download a Full Website Backup
Full Website Backup
pilih Download a Full Website Backup

Catatan : file yang di backup merupakan isi keseluruhan website, MySQL Database serta konfigurasi email forwarder dan konfigurasi email filter, isi email tidak termasuk.

  • Selanjutnya akan tampil halaman generate Backup.
  • Biarkan pilihan ada di Home Directory, sedangkan pilihan ftp untuk backup langsung ke server berbeda.
  • Email addres untuk pemberitahuan jika proses generate telah selesai, selanjutnya klik Generate Backup
Generate Backup
Pilih Generate Backup
  • Generate Backup dapat diartikan proses compress data website di hosting, belum sampai ke download.
  • Jika proses generate sudah selesai akan ada pemberitahuan melalui email bahwa file backup siap di download.
  • Masih dalam halaman Backups pada bagian Partial Backups Download a Home Directory Backup pilih Download dan simpan di PC.
Pilih Download
Pilih Download

Hasil backup berupa file yang telah di compress, pada umumnya berupa file tar.gz silahkan download dan simpan di PC.

Save File
Save File

Cara Backup Database

Meskipun sudah dilakukan Full Website Backup dan di dalamnya terdapat file database, tetapi tidak serta merta ketika di restore sudah termasuk restore database dan membuat database, untuk restore dan membuat nama database supaya lebih mudah silahkan ikuti langkah berikut.

  • Pada halaman Backups bagian Download a MySQL Database Backup silahkan pilih dan download nama database yang ingin di backup kemudian simpan di PC.
Backup Database
Backup Database
  • Kemudian klik pada nama database untuk download.
  • Jika diperlukan bisa juga download email forwarder ataupun email filter

Cara Restore Menggunakan Cpanel

  • Pada halaman Home cPanel pilih menu Backups kemudian Browse pada bagian Restore a Home Directory Backup, pilih nama file yang sudah di download dan pilih upload.
  • Proses upload ini tidak termasuk database, sekali lagi bahwa restore tidak langsung membuat nama database.
  • Untuk restore database sekaligus membuat nama database silahkan pilih pada bagian Restore a MySQL Database kemudian browse file database yang sudah di download dan klik upload.
Restore Menggunakan cPanel
Restore Menggunakan cPanel

Catatan : proses restore database hanya sebatas membuat nama database dan isi database tidak termasuk membuat user database, untuk keterangan dan cara membuat user database silahkan baca poin selanjutnya.

Proses restore database diatas sudah otomatis membuat nama database, jika ingin restore database dengan nama berbeda silahkan buat nama database baru dan import database melalui phpmyadmin.

Demikian mengenai Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel, semoga dapat memberikan manfaat.

Web Hosting Murah

One thought on “Cara Memindahkan Website ke Hosting Baru Menggunakan Cpanel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.