Mengenal Apa Itu WordPress

Mengenal Apa Itu WordPress

Penjelasan TentangĀ Apa Itu WordPress

Mengenal Apa Itu WordPress – WordPress merupakan salah satu CMS ( Content Management System ) yang bersifat open source berbasis PHP dan MySQL. WordPress digunakan untuk membuat website yang bisa berjalan pada layanan web hosting.

Pendiri WordPress yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little. WordPress mulai dirilis pada tanggal 27 Mei 2003 yang merupakan pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelog. WordPress dilepaskan di bawah lisensi GPLv2.

Pada awalnya WordPress fokus hanya untuk membuat blog pribadi. Tetapi seiring dengan perkembangannya sekarang WordPress menjadi aplikasi CMS ( Content Management System ). Sehingga bisa digunakan untuk membuat website media online atau untuk website situs formal seperti situs yang digunakan oleh perusahaan besar.

Karena sifatnya yang open source menjadikan WordPress lebih banyak digunakan untuk membuat website. Pada Februari 2017 WordPress digunakan oleh lebih dari 27,5% dari 10 juta situs teratas. WordPress juga merupakan sistem manajemen situs web atau blog paling populer yang digunakan di web. Ada lebih dari 60 juta situs web yang mendukung.

WordPress menjadi software yang paling mudah digunakan untuk website atau blog. Untuk mendapatkan software WordPress sangat mudah Anda tinggal download di internet secara gratis.

KelebihanĀ  Dan Kekurangan WordPress

Ada beberapa kelebihan yang terdapat pada WordPress yaitu Panel navigasi mudah digunakan, Sederhana dan fleksibel, Memiliki banyak plugin dan Banyak pilihan widget. Dalam WordPress juga terdapat plugin dan template gratis dan juga yang berbayar.

Jika menggunakan layanan gratis, Anda menggunakan sub domain dari WordPress. Jadi nama domain Anda dibelakangnya terdapat nama WordPress.com, contoh namadomain.WordPress.com.

Layanan WordPress gratis mempunyai kekurangan karena plugin yang tersedia terbatas dan edit desain web seadanya yang sudah disediakan WordPress.

Kalau menggunakan layanan berbayar Anda bisa menggunakan nama domain sendiri, contoh namadomain.com. Untuk mendapatkan nama domain Anda bisa membeli pada penyedia web hosting yang menyediakan layanan WordPress Hosting.

Berbeda dengan WordPress gratis, Layanan WordPress berbayar mempunyai kelebihan karena bisa install plugin sesuai yang dibutuhkan dan bisa edit desain dengan leluasa.

Demikian ulasan mengenai Mengenal Apa Itu WordPress, semoga dapat memberikan manfaat.

Web Hosting Murah

5 thoughts on “Mengenal Apa Itu WordPress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *