Cara Menggunakan Time Machine Backup

Cara Menggunakan Time Machine Backup – Untuk melakukan backup data di server, penyedia web hosting melengkapi fasilitas tambahan pada hosting mereka dengan fitur Time Machine Backup. Karena proses untuk melakukan backup sistem atau file di lakukan oleh penyedia web hosting.

Backup adalah kegiatan menyalin atau mengarsipkan data, supaya ketika data utama rusak atau hilang masih tetap bisa diakses. Tujuan backup data yang ada di server yaitu untuk mengamankan data konsumen. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada server yang membuat data hilang atau rusak masih bisa di recovery atau dipulihkan kembali.

Time Machine Backup merupakan alat untuk melakukan backup secara otomatis. Dengan adanya fasilitas Time Machine Backup, proses backup akan berjalan secara otomatis. Sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dengan adanya fitur Time Machine Backup penyedia web hosting tidak perlu melakukan backup berkala secara manual. Penyedia web hosting tinggal download file yang sudah dibuat dalam bentuk file yang ter compress.

Backup secara manual tentu saja akan memakan waktu dan tenaga. Sedangkan jika menggunakan fitur Time Machine akan menghemat waktu dan tenaga. Proses backup bisa dilakukan secara rutin dan otomatis. Proses backup per jam selama 24 jam terakhir. Proses backup harian selama sebulan terakhir dan juga backup mingguan.

Waktu yang ditentukan untuk proses backup tergantung dari penyedia hosting itu sendiri. Dan kemungkinan setiap penyedia hosting melakukan backup datanya bervariasi.

Apabila Anda berniat untuk menyewa web hosting, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu kepada penyedia web hosting. Apakah penyedia web hosting yang akan anda sewa telah melakukan backup secara rutin. Dan berapa rentang waktu yang ditentukan untuk melakukan backup. Tentu saja hal tersebut dapat menentukan seberapa aman data Anda nantinya.

Berikut Cara Menggunakan Time Machine Backup

  • Langkah pertama Login ke cpanel hosting
  • Kemudian Pada bagian Files pilih Time Machine Backup

Cara Menggunakan Time Machine Backup

  • Pada halaman Time Machine Backup, terdapat beberapa pilihan apakah ingin melakukan backup, browse file, melihat database dll. Silahkan pilih

Server Backup Manager
Demikian penjelasan mengenai Cara Menggunakan Time Machine Backup, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.