Cara Redirect Halaman 404 Ke Halaman Utama Di WordPress

Cara redirect halaman 404 ke halaman utama di WordPress

Error 404 merupakan salah satu alasan paling umum bagi seorang pengunjung untuk meninggalkan sebuah website. Kemungkinan seorang pengunjung untuk keluar dari sebuah website sangat tinggi ketika mereka bertemu dengan error ini. 

Selain kehilangan pelanggan, pemilik website bisa kehilangan banyak traffic dan backlink potensial hanya karna halaman 404. Hal ini menandakan bahwa kita tidak boleh menghiraukan error ini. Anda harus memastikan tidak ada error 404 di website anda. Atau setidaknya membuat pengunjung mengira bahwa website anda baik baik saja. 

Cara paling efektif adalah dengan me-redirect halaman error 404 ke halaman custom, atau halaman utama situs. Kali ini kita akan membahas cara redirect halaman 404 ke halaman utama di WordPress

Kenapa harus redirect halaman 404 ke halaman utama?

Sebagian besar pengunjung yang tiba di halaman default error 404 biasanya langsung meninggalkan situs tersebut. Hal ini bisa menyebabkan kenaikan bounce rate di situs anda dan berdampak negatif terhadap ranking search engine. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar pengunjung tidak keluar adalah untuk mengalihkan mereka ke halaman yang lebih relevan. Mengalihkan pengunjung ke halaman utama bisa dibilang sebuah shortcut untuk situasi tersebut. 

Namun, secara ideal anda harus mengalihkan error 404 ke halaman yang relevan dengan konten sebelum error 404 terjadi. 

Berikut adalah 2 cara redirect halaman 404 ke halaman utama di WordPress

Redirect error 404 secara manual

Cara ini menggunakan kode snippet sederhana yang dapat digunakan untuk mengalihkan semua halaman 404 ke halaman utama. Cara ini mengharuskan anda untuk menambahkan kode di file WordPress situs anda. Untuk melakukan edit file, anda harus masuk ke akun hosting menggunakan FTP client atau file manager tool. 

Pertama-tama, buka folder theme. 

Cara Redirect Halaman 404 Ke Halaman Utama file 404

Setelah itu, anda akan melihat file 404.php, file ini yang akan anda edit. Apabila file tersebut tidak ada, silahkan buat terlebih dahulu. Buat backup terhadap file ini, seandainya di waktu yang akan datang anda merubah pikiran. 

Tambahkan kode berikut sebagai baris pertama didalam file 404.php:

<?php
header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
header("Location: ".get_bloginfo('url'));
exit();
?>

Sekarang ketika halaman tidak dapat ditemukan oleh pengguna, merka akan di alihkan ke halaman utama. Pengunjung tidak akan melihat halaman error 404. 

Redirect error 404 menggunakan plugin

Cara ini memungkinkan anda untuk mengalihkan pengunjung dari halaman 404 tanpa perlu akses ke hosting WordPress. 

Pertama download plugin Redirection untuk redirect 404 secara mudah. 

Cara Redirect Halaman 404 Ke Halaman Utama redirection plugin

Setelah di download, install dan aktivasi plugin tersebut. 

Plugin tersebut akan melakukan set up terlebih dahulu. Setelah berhasil di set up, anda bisa langsung menggunakan plugin Redirection. 

Pertama, klik tombol Add New

Cara Redirect Halaman 404 Ke Halaman Utama add new redirection

Setting status redirection menjadi Enabled. Setelah itu type atau paste URL dari halaman itama. Di bagian section Redirect all 404 pages. Terakhir save pengaturan dengan mengklik tombol Update Options.

Cara Redirect Halaman 404 Ke Halaman Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.