Apa Itu SSL Certificate?

Pengertian SSL Certificate

SSL Certificate Comodo
SSL Certificate Comodo

Apa  itu SSL Certificate / Sertifikasi SSL? SSL merupakan sebuah kependekan dari “Secure Sockets Layer”, selain itu juga sering disebut sebagai Transport Secure Layer(TSL). SSL adalah lapisan (Layer) keamanan untuk melindungi transaksi di website anda beserta data sensitif lainnya menggunakan teknologi enkripsi yang canggih.

Ketika sebuah website sudah dilengkapi dengan sertifikasi SSL, maka alamat website tersebut akan berubah menjadi “https”. Selain itu, akan muncul gambar gembok (padlock) di address web-browser yang menjamin bahwa situs / website tersebut aman / secure.

Pentingnya SSL Certificate

  • Confidentiality (Kerahasiaan)

Ketika pengguna layanana (user) berkomunikasi dengan server (penyedia layanan) di internet, ada beberapa informasi & data penting yang perlu dijaga kerahasiaannya. Diantaranya adalah username dan password yang digunakan oleh user untuk menggunakan layanan yang disediakan. Dengan SSL Certificate maka informasi & data tersebut dapat dijaga dari orang-orang yang biasa menyadap trafik di internet (eavesdropping)

  • Authentication (Identifikasi)

Authentication adalah bagian penting dari sertifikasi SSL untuk memastikan identitas suatu layanan. Misalnya ketika user hendak masuk ke website WebHostingAllinOne untuk membeli domain, mereka butuh kepastian bahwa halaman login yang dipakai adalah resmi dari WebHostingAllinOne. Bukan merupakan halaman palsu (phising) yang disalahgunakan oleh beberapa orang di internet untuk mencuri username dan password akun-akun penting yang dimiliki.

Manfaat SSL Certificate Comodo

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama memiliki SSL Certificate yang disediakan oleh Comodo  :

  • Keamanan “Rock-Solid” : Sertifikasi SSL Comodo menyediakan enkripsi dari 128 hingga 156-bit untuk memaksimalkan keamanan data pengunjung website anda.
  • Tingkat Kepercayaan Pelanggan : Banyak pelanggan yang selalu mencari ikon SSl Certificate sebelum menyerahkan data sensitif mereka kepada layanan tersebut. Dengan memasang sertifikasi SSL, secara otomatis meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Ranking SEO lebih baik : Google secara langsung memberikan peringkat yang lebih tinggi di Search Engine untuk website yang memiliki sertifikasi SSL.  Jadi, memiliki sertifikasi SSL sangat berpengaruh bila anda sangat serius mengenai website / bisnis online yang dimiliki.
  • Seal Kemanan Comodo : Sertifikat anda termasuk Seal Keamanan Comodo sebagai petunjuk bagi pelanggan bahwa website anda aman.
  • Garansi 30 hari uang kembali : Semua sertifikasi SSL mendapatkan garansi 30 hari uang kembali, bila saja terjadi pembobolan & eavesdropping tanpa pertanyaan apapun.

Lihat Paket

 

 


 

One thought on “Apa Itu SSL Certificate?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.